7 Wisata Kuliner Semarang Wajib Coba

7 Wisata Kuliner Semarang Wajib Coba

Dewacase.com – Dalam era kuliner dan masa yang kekinian, semua makanan tradisional yang melegenda dan selalu mempunyai ruang di hati para konsumennya. Terlebih jika kita ingin jalan-jalan ke luar kota, pantang untuk pulang apabila kita sebelum mencicipi sebuah aneka kuliner yang hanya ada di sana.

Jika kamu yang ingin melancong ke kota Semarang dalam waktu dekat ini atau mudik ke Semarang. Maka coba saja kulineran dengan 7 Wisata Kuliner Semarang Wajib Coba dengan penyajian makanan khas legendaris di bawah ini.

1. Soto Bangkong

Seperti yang kita ketahui, bahwa Soto adalah makanan yang melegenda dan sudah berjuta-juta jiwa mengenal namanya soto. Namun, katanya Soto bangkong ini sudah ada sejak tahun 1950 an. Mulai dipasarkan dengan cara dipikul dari kampong ke kampong. Lokasinya juga berada di jalan brigjen katamso yang dulunya bernama jalan Bangkong.

Kuahnya yang sangat kental ini, kaya dengan rempah-rempah dan juga menggunakan ayam kampong sebagai pelengkap membuatnya beda dengan soto lainnya. Apabila kamu ini menjajal makan soto ini bisa menuju ke alamat Jalan Brigjen Katamso dan Jalan Setia Budi Nomor 229, Semarang.

Soto Bangkong

2. Nasi Gandul Pak Memed

Dua adalah wisata kuliner yang sekilas mirip dengan soto Betawi. Namun, ada ciri khusus tersendiri yang bisa membedakan keduanya. Nasi Gandul ini biasanya disajikan di atas piring yang beralaskan daun pisang dan disantap dengan menggunakan suru alias sendok dari daun pisang yang dilipat.

Dalam citarasanya sangat khas, banyak yang bilang seperti perpaduan rasa antara soto, rawon dan gulai. Seporsi nasi Gandul ini terdapat juga nasi putih yang disiram kuah kecokelatan, ditambah potongan lauk seperti dagin sapi. Apabila kamu ingin mencoba Nasi Gandul ini, bisa pergi ke alamat Jalan Dr. Cipto 12A, Semarang.

Nasi Gandul Pak Memed

3. Tahu Gimbal Pak Edy

Selanjutnya Wisata Kuliner Makan Semarang yang melegenda, yaitu Tahu Gimbal Pak Edy. Gimbal di sini istilahnya untuk Bakwan di Jakarta, alias semacam gorengan. Dalam seporsi ini biasanya terdiri dari lontong, bakwan udang, irisan kol, taoge, lalu disiram dengan bumbu kacang petis udang.

Biasanya juga Tahu Gimbal ini disajikan dengan krupuk udang. Kebayang bukan manis dan gurihnya nge blend jadi satu di lidah? Ingin mencoba bisa pergi ke alamat Jalan Pandanaran II, Shelter Taman KB, Semarang.

Tahu Gimbal Pak Edy

4. Es Puter Cong Lik

Tidak hanya makanan, minuman juga bisa kamu rasakan dan kesegeran dari Es Cong Lik ini. Pemilik toko Es puter ini dulunya pernah menjadi pelayan orang Jepang. Jadi dinamakan Cong Lik. Isitilah atau artinya adalah “Kacong Cilik” alias pembantu kecil.

Tidak disangka sekarang pak Sukimin ini yang sukses dalam berbinis sendiri dengan membuka kedai es puter dan menjadi salah satu kuliner legendaris di Semarang. Salah satu alasan kenapa es puter di sini begitu di gemari, karena varian rasanya sangat banyak. Ingin menikmati es puter ini bisa pergi ke alamat Waroeng Semawis dan Simpang Lima semarang 9samping hotel Citraland)

Es Puter Cong Lik

5. Wedang Tahu

Dalam Wisata kuliner yang ini namanya Wedang tahu. Dengan menyantap Wedang tahu hangat. Jika di Surabaya, jajanan ini disebut “tahuwa” atau “tahwa”. Minuman yang terbuat dari kembang tahu dengan kuah jahe manis. Ada banyak penjual wedang tahu di Semarang, tapi salah satu tempat yang direkomendasikan ada di depan Swiss House Ngaliyan, Semarang

Wedang Tahu

6. Lekker Paimo

Tentunya kamu pasti tidak asing dengan jajanan atau makanan ini. Karena Lekker ada di hampir semua daerah Indonesia. Akan tetapi, jika kamu yang berada di Semarang, kamu juga bisa menikmati lekker yang menjadi primadona, karena adonannya yang khas.

Toppingnya juga sangat beragam, mulai dari yang manis-manis seperti cokelat sampai yang asing, seperti tluer, keju dan sosis. Meskipun Toppingnya banyak dan kekinian, tapi harganya juga sangat terjangkau sekali. Tidak heran jika banyak yang mengantri dan luar biasa ramainya para pembeli Lekker ini.

Lekker Paimo

7. Gulai Kambing Bustaman Pak Sabar

Terakhir adalah sebagai penutup wisata kamu di Semarang. Ada juga kuliner makanan Gulai Kambing Bustaman buatan Pak Sabar. Gulai ini siap kamu coba dan juga makanan kuliner ini juga termasuk daftar kuliner yang harus di cicipi ketika di Semarang.

Meskipun bumbunya tidak terlalu kental, namun rempahnya sangat meresap sekali sampai daging dan juga gurih rasanya. Dengan tambahan perasan jeruk nipis dan irisan bawangnya merah mentah. Silakan pergi ke alamat Tanjung Mas, Semarang Utara.

Gulai Kambing Bustaman Pak Sabar

Baca Juga: Program Acara Televisi Ini, Dipuji MUI