Kecanduan Game Membuat Orang Mengalami Gangguan Psikis

Kecanduan Game

Dewacase.com – Bisa anda ketahui bahwa beberapa bulan yang lalu badan kesehatan internasional PBB yaitu WHO yang sudah mengumumkan bahwa kecanduan bermain game bisa masuk dalam kategori gangguan mental psikis.

Dalam pembahasan kali ini, admin akan memberikan sedikit informasi bahwa dalam Kecanduan Game ini bisa membuat kategori gangguan mental. Mengerikan bukan? Dengan adanya rilis dari Who sendiri akan dimasukkan ke dalam Internasional Statistical Classification. Seharusnya kita tidak akan lagi bisa mengabaikan pengaruh bermain game terhadap mental seseorang.

Seseorang dapat mengalami kecanduan bermain game bisa dikategorikan sebagai orang dengan gangguan mental? Berikut adalah beberapa poin yang penting untuk kondisi seseorang mulai mengalami gangguan game akibat Kecanduan Game.

Kecanduan Game

1. Tidak Bisa Mengontrol Keinginan Jika Ingin Bermain

Dalam tubuh manusia bisa dikatakan sebagai orang yang mempunyai tanda kecanduan tersebut ketika dirinya tidak dapat mengontrol atau sudah tidak bisa mengendalikan diri untuk selalu bermain game.

Dalam kondisi tubuh sendiri sudah tahu apa efek negatif dari main game tetapi tetap terus bermain maka dia bisa dikategorikan mulai dengan mengalami gangguan mental atau kejiwaan.

2. Mulai Merusak Kebiasaan Hal Penting yang Lainnya

Masih menurut dari WHO, seseorang yang hobi bermain game bisa dikategorikan mulai mengalami gangguan mental adalah ketika kebiasaan tersebut mulai merusakkan hal-hal yang penting lainnya. Misalkan saja ketika kebiasaan dan candunya untuk bermain game mulai membuat hubungan dengan orang tua, pasangan dan teman menjadi renggang, kalah dengan permainan game tersebut.

3. Terjadi Perubahan Struktur dan Fungsi Otak

Seseorang yang mengalami Kecanduan Game terutama jenis game online ini yang berlangsung waktu lama ini akan membuat orang mengalami perubahan pada otaknya. Akibat kecanduan game juga bisa membuat terjadinya sebuah perubahan pada struktur dan fungsi otak manusia.

Pada kita semua mengetahui bahwa otak adalah sebuah pusat dari segala kesadaran dan aktivitas yang kognitif serta motorik manusia. Apa yang terjadi jika otak mengalami kerusakan. Hal tersebut disampaikan oleh Dr. Kristiana Sistie, SpKj, spesialis dengan kesehatan jiwa dari universitas Indonesia.

4. Mengalami Gangguan Fisik dan Tidur Lainnya

Orang yang terlalu sering bermain game, sudah pasti akan kecanduan dan mempengaruhi gangguan Fisik. Susah tidur akan membuat metabolism tubuh juga akan terganggu. Jadi tidak baik untuk kesehatan tubuh. Di samping itu juga akan mengalami fatigue atau kelelahan otot yang akan mendatangkan rasa kaku dan nyeri pada sendi utama pada bagian leher.

Manusia menjadi kurang atau bahkan tidak efektif waktunya hanya karena tidak bisa berhenti main game. Sehingga memang diperlukan kebijakan dan pemahaman yang lebih jauh mengenai Kecanduan Game agar semua permasalahan yang timbul karena game tidak perlu terjadi.

Baca Juga : Goodbyebbm