Cara menangani koneksi internet yang lambat

Back rear view young asian woman employee work from home using computer notebook videocall meeting conference angry annoy with low poor unreliable internet wifi connection problem issue outage.

DEWACASE – Wi-Fi yang lambat tentunya akan sangat mengganggu terutama jika Anda bekerja atau belajar dari rumah. Kecepatan internet yang lambat dapat merusak hari dan bahkan suasana hati Anda. Misalnya ketika Anda perlu mengunggah file yang berhubungan dengan pekerjaan di cloud atau bahkan jika Anda sekedar ingin menonton acara favorit Anda di Netflix.

Namun jangan khawatir karena masalah internet yang lambat tersebut dapat diperbaiki. Ikuti saja panduan untuk memperbaiki masalah koneksi Wi-Fi di bawah ini.

  1. Apakah kecepatan Internet sesuai dengan yang dicantumkan di paket berlangganan?

Sebelum menyimpulkan terlalu cepat, pastikan bahwa kecepatan internet Anda sesuai dengan yang diiklankan dari paket internet yang Anda pilih. Untuk melakukannya, kunjungi situs web untuk mendiagnosa kecepatan internet seperti speedtest.net atau fast.com. Jika hasil kecepatan sesuai dengan kecepatan yang diiklankan, artinya koneksi Anda baik-baik saja. Solusinya adalah mengupgrade paket yang memiliki kecepatan internet lebih cepat sesuai dengan kebutuhan Anda.

  1. Mulai ulang router Wi-Fi

Terkadang yang perlu dilakukan adalah memulai ulang perangkat router Wi-Fi Anda. Cukup matikan router Wi-Fi Anda, lalu hidupkan kembali setelah beberapa detik. Biasanya setelah memulai ulang atau merestart router masalah ini bisa teratasi. Dan tidak ada salahnya juga jika Anda mencoba mulai ulang komputer, ponsel, atau perangkat lain yang biasa terkoneksi ke Wi-Fi. Terkadang alasan kecepatan Internet yang lambat mungkin berasal dari perangkat Anda, dan bukan koneksi Internet.

  1. Penempatan router yang baik dan benar

Posisi router Anda juga ternyata mempengaruhi kecepatan internet. Selalu disarankan untuk menempatkan router di tempat yang lebih tinggi, seperti di atas lemari pakaian. Perhatikan, umumnya sinyal Wi-Fi dapat menembus dinding dan benda lain, tetapi dalam beberapa kasus, dinding yang lebih tebal atau beberapa logam menghalangi sinyal. Dalam skenario seperti itu, selalu disarankan untuk menjauhkan router Anda dari oven microwave atau lemari es.

  1. Gunakan standar keamanan Wi-Fi yang kuat

Tidak menutup kemungkinan orang-orang yang tinggal disekitar rumah Anda mencuri koneksi Wi-Fi Anda, yang mengakibatkan jaringan internet Anda jadi lambat. Jika keamanan Wi-Fi Anda tidak cukup kuat, sangat mudah untuk mendapatkan akses ke kata sandi. Oleh karena itu, selalu disarankan untuk menggunakan protokol keamanan WPA2 pada router Anda. Anda dapat mengubah ini melalui pengaturan router Anda. Untuk mengatur kata sandi WPA2, akses pengaturan Wi-Fi Anda dengan memasukkan alamat IP router Anda di browser apa pun di ponsel atau komputer Anda. Anda dapat menemukan alamat IP router Anda di bagian belakang router, atau Anda juga dapat mencarinya dengan mengakses pengaturan jaringan Wi-Fi di ponsel atau komputer Anda.

  1. Perbarui firmware router Wi-Fi

Pembaruan perangkat lunak router Anda sangat penting karena meningkatkan stabilitas, kinerja, dan keamanannya. Sebagian besar router yang tersedia saat ini hadir dengan kemampuan untuk memperbarui sendiri secara otomatis, namun jika Anda memiliki router lama, Anda mungkin harus menginstal pembaruan perangkat lunak secara manual. Router yang berbeda memiliki cara yang berbeda untuk memperbarui perangkat lunak. Untuk mengetahui lebih lanjut, masukkan alamat IP router Anda di browser apa pun di ponsel atau komputer Anda untuk mengakses pengaturan Wi-Fi untuk router Anda.

  1. Ubah internet provider

Jika segala cara dan upaya diatas sudah Anda coba namun Anda masih mengalami masalah koneksi internet yang lambat, mungkin Anda perlu membertimbangkan untuk mengganti internet provider yang Anda gunakan sekarang. Bisa jadi provider internet Anda saat ini tidak dapat melayani kebutuhan Anda di wilayah tempat tinggal Anda. Selalu disarankan untuk melakukan riset dan mencari tahu koneksi mana yang memberikan rasio harga-terhadap-kinerja terbaik di wilayah Anda. Juga baik untuk berbicara dengan tetangga Anda dan melihat koneksi mana yang mereka gunakan dan seberapa baik layanan itu melayani mereka.